image

Foto: Miguel Medina / AFP / Getty Images

13 Februari 2018 | 09:00 WIB | Liga Champions-Europa

Lawan Juventus, Pochettino Klaim Tottenham dalam Kondisi Ideal

TURIN, suaramerdeka.com- Jelang pertemuan di babak 16 besar Liga Champions, manajer Tottenham Hotspur Mauricio Pochettino menyatakan timnya dalam kondisi ideal untuk menghadapi Juventus. Dia juga meyakini bahwa Tottenham bermain jauh lebih baik dari sebelumnya, menjelang laga 16 besar Liga Champions melawan Juventus.

"Saya tengah melalui masa terbaik sejak saya menangani Tottenham. Hasil atas Manchester United, Liverpool, dan Arsenal membuat kami percaya diri. Sekarang kami tahu kami bisa menghadapi tim besar dengan spirit berbeda. Ini adalah waktu terbaik untuk menghadapi Juventus. Mereka bermain di dua final Liga Champions dalam tiga tahun. Namun kami siap dan amat percaya diri. Kita lihat saja apa yang terjadi," tuturnya di La Gazzetta dello Sport.

Spurs memulai 2018 dengan serangkaian performa mengecewakan, di mana mereka sempat hanya imbang melawan West Ham dan Southampton, sebelum akhirnya gagal menang atas Newport di Piala FA. Namun dia dua pekan terakhir, mereka sanggup menang 1-0 atas Arsenal di derby, usai menang Manchester United dan Newport di laga ulangan Piala FA, dan juga bermain imbang 2-2 melawan Liverpool.

"Secara teori, pertandingan di Turin adalah kunci karena kami akan bermain di sana dulu, namun demikian babak gugur biasanya ditentukan dalam 180 menit, anda tidak pernah tahu kapan momen penting akan terjadi. Kami akan menjadi Tottenham seperti biasanya. Kami akan mengusung dientitas kami, dan juga menghormati Juventus. Melawan tim Italia, anda harus cerdas. Di Italia, taktik dan pertahanan adalah kekuatan utama," katanya.

Pochettino juga menilai Juventus  punya sejarah yang lebih kaya dibanding Spurs yang disebutnya sebagai tim muda. Makanya, Pochettino menolak timnya disebut setara dengan La Vecchia Signora.  "Saya rasa Juventus adalah klub yang sangat besar, sangat masif. Kami belum pantas dibandingkan dengan Juventus. Mereka sudah memenangkan segalanya dalam sejarah mereka. Dalam tiga tahun terakhir, Juventus juga sudah berhasil lolos ke final Liga Champions," katanya kepada UEFA.com.

Belakangan Spurs memang mendapat banyak pujian dan sedang naik daun, tapi Pochettino memilih merendah. Menurutnya, secara aktual Juve juga dinilai cukup berprestasi di Eropa dan bukan cuma dalam hal sejarah. Karenanya, ia merasa Tottenham belum pantas untuk dibandingkan dengan Juve. Manajer asal Argentina itu menyebut sejarah Tottenham tidak bisa dibandingkan dengan Juve karena masih berusaha untuk mencapai level jawara Italia itu.

"Tottenham memiliki tim muda dan kami sedang membangun proyek yang bagus. Tapi saya rasa tidak mungkin membandingkan sejarah Juventus dan Tottenham. Tentu saja mimpi kami adalah mencapai level Juventus saat ini," tandasnya.

(Andika Primasiwi /GLCM /CN26 )